Batam (eritajatim.id) – PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) mengadakan acara Ngobrolin Bisnis (Ngobiz) di Wisma Batamindo, Batam, pada Rabu (16/10). Acara ini bertujuan untuk memperkuat hubungan dengan nasabah dan calon nasabah dari perusahaan Jepang yang beroperasi di Batam. CIMB Niaga bekerja sama dengan komunitas Batam Japan Club dalam acara ini.
Head of Region Sumatera CIMB Niaga, Maya Sartika, mengungkapkan bahwa CIMB Niaga memiliki fokus kuat dalam memenuhi kebutuhan perbankan nasabah korporasi dan konsumer Jepang. Untuk itu, CIMB Niaga telah membentuk unit khusus, Japan Desk, yang melayani nasabah Jepang di berbagai lokasi termasuk Jabodetabek dan Batam.
“Batam adalah kota dengan komunitas perusahaan Jepang terbanyak di Indonesia. Dengan kapabilitas layanan yang mumpuni, CIMB Niaga siap menjadi solusi keuangan menyeluruh untuk semua kebutuhan nasabah,” kata Maya.
Acara Ngobiz ini mencakup sesi berbagi tentang Economic Outlook Indonesia dan ASEAN, serta membahas mengenai upah minimum dan sistem pensiun bagi tenaga kerja di Indonesia. CIMB Niaga menawarkan berbagai layanan dan produk yang mendukung operasional bisnis, mulai dari BizChannel@CIMB untuk internet banking korporasi, hingga produk Consumer Banking seperti tabungan, kartu kredit, dan pinjaman pribadi.
Di Batam, CIMB Niaga melayani nasabah melalui enam kantor cabang dan 47 ATM/CRM. Selain itu, nasabah dapat mengakses jaringan ATM berlogo Mastercard dan ATM Bersama yang tersebar luas di kawasan tersebut.
Maya menambahkan bahwa CIMB Niaga terus berkomitmen dalam menerapkan prinsip Lingkungan, Sosial, dan Tata Kelola (ESG). Pada semester I 2024, CIMB Niaga telah mendukung transisi ke ekonomi rendah karbon dengan pembiayaan mencapai Rp56,4 triliun, atau hampir 26% dari total pembiayaan Bank.
“CIMB Niaga tidak hanya berfokus pada profit, tetapi juga berkontribusi pada kelestarian lingkungan, sejalan dengan pesan keberlanjutan kami #SekarangUntukMasaDepan,” jelas Maya.
Acara Ngobiz juga menjadi bagian dari The Cooler Earth Sustainability Series 2024, yang bertujuan untuk mobilisasi komitmen terhadap masyarakat yang bertanggung jawab dan lingkungan yang lebih berkelanjutan.
Capaian Kinerja Positif CIMB Niaga
Pada semester pertama 2024, CIMB Niaga mencatat laba sebelum pajak konsolidasi sebesar Rp4,4 triliun, meningkat 5,8% year-on-year (Y-o-Y). Pertumbuhan ini didorong oleh pengelolaan efisiensi operasional dan kualitas aset yang terjaga, dengan rasio gross non-performing loan (NPL) di angka 2,1%, lebih rendah dari rata-rata industri.
Dana Pihak Ketiga (DPK) CIMB Niaga mencapai Rp249,8 triliun, naik 6,0% Y-o-Y, berkat pertumbuhan current account dan savings account sebesar 7,4%. Jumlah kredit/pembiayaan juga meningkat 5,9% Y-o-Y, dengan pertumbuhan signifikan pada sektor Usaha Kecil Menengah (UKM) yang mencapai 10,0% Y-o-Y.
Sebagai bagian dari tanggung jawab sosial perusahaan, CIMB Niaga bekerja sama dengan UNICEF untuk mendukung upaya pemerintah dalam mengatasi masalah gizi buruk dan stunting di Indonesia, terutama di Nusa Tenggara Timur. (hdl)