Jakarta (eritajatim.id) – Penjabat (Pj.) Gubernur DKI Jakarta, Teguh Setyabudi, mendorong peningkatan kualitas layanan kesehatan dengan mempercepat sistem rujukan di fasilitas kesehatan di Jakarta.
Pernyataan ini disampaikan saat pembukaan Executive Summit Meeting (ESM) oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta, yang berlangsung di Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (25/10/2024).
Acara tersebut dihadiri oleh pemangku kepentingan dari berbagai fasilitas kesehatan, mulai dari puskesmas hingga rumah sakit di seluruh Jakarta.
Teguh Setyabudi menyampaikan bahwa Jakarta, sebagai kota yang menuju status global, menghadapi tantangan besar dalam menyediakan layanan kesehatan berkualitas dan merata.
Tantangan ini mencakup kebutuhan untuk mempercepat sistem rujukan dari puskesmas ke rumah sakit serta mengoptimalkan koordinasi dan kompetensi antar-fasilitas kesehatan.
“Saya sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini yang bertujuan meningkatkan kualitas sistem layanan kesehatan, khususnya dalam aspek rujukan pasien di Jakarta. Saya apresiasi atas upaya Dinas Kesehatan DKI dalam mengembangkan sistem rujukan terintegrasi dengan platform digital berbasis kompetensi untuk memastikan akses dan kualitas layanan yang lebih baik,” ujar Teguh.
Pj. Gubernur Teguh juga berharap Jakarta dapat mewujudkan sistem kesehatan yang lebih responsif dan efisien, yang berfokus pada kebutuhan pasien. Teguh mengimbau agar seluruh jajaran Dinas Kesehatan tetap berkomitmen penuh untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat di Jakarta.
“Saya mengajak seluruh jajaran Dinas Kesehatan untuk memberikan layanan terbaik bagi warga Jakarta dengan menerapkan budaya kerja BerAKHLAK—berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Kita perlu profesionalisme dan dedikasi tinggi untuk meningkatkan pengalaman pelayanan yang unggul bagi pasien,” tambahnya.
Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Ani Ruspitawati, menambahkan bahwa integrasi layanan rujukan berbasis kompetensi diharapkan dapat memotivasi tenaga kesehatan untuk mempercepat perawatan yang cepat dan tepat bagi setiap warga Jakarta.
“Pendekatan sistem rujukan terintegrasi yang berfokus pada kebutuhan pasien ini akan memastikan setiap pasien mendapat perawatan terbaik, dengan proses rujukan yang cepat dan tepat, sehingga meningkatkan kepuasan pasien dan pengalaman mereka dalam mendapatkan layanan kesehatan,” ujar Ani menutup pembicaraannya. (hen/hdl)